Pada
tanggal 5 Mei 2015 perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan tidak
seperti perkuliahan biasanya yang hanya duduk di kelas, tetapi kami mahasiswa
Manajemen Pendidikan 2013 B melakukan perkuliahan di luar kelas, yaitu di Ayam
Kremes Kraton (AKK) cabang Utan Kayu. Tujuannya adalah agar kami mahasiswa
tidak hanya belajar pemasaran berdasarkan teori tetapi juga bisa mengetahui
pemasaran dari para pelaku bisnis yang sesungguhnya. Kegiatan ini dimulai
pada pukul 13.00 hingga 14.30 kegiatan outing class ini dimulai dengan kami
makan siang bersama di AKK. Setelah itu Ibu Rovi yang merupakan manajer yang
memegang lima cabang AKK, membagikan cerita kepada kami seputar pemasaran dan
manajemen di AKK.
A.
Sekilas Tentang Ayam Kremes Kraton
Ayam Kremes Kraton (AKK) merupakan tempat makan yang
didirikan oleh Ibu R.R. Welas Sriningsih 12 tahun yang lalu, pemberian nama Ayam
Kremes Kraton ini didasarkan pada : "Ayam Kremes" karena pada saat
pendirian masih jarang sekali resto/ tempat makan ayam kremes, sedangkan
"Kraton" diambil karena Ibu R.R. Welas Sriningsih masih bagian dari
keluarga Kraton Solo sehingga tercetuslah nama "AYAM KREMES KRATON
(AKK)".
Hingga saat ini tercatat AKK memiliki 5 outlet yang tersebar
di Ibukota, yaitu :
1) Sunter
2) Boulevard Kelapa Gading
3) Gading Batavia
4) Tebet
5) Utan Kayu
Pada awalnya
AKK masih menggunakan manajemen konvensional, namun dalam 3 bulan terakhir ini
AKK berusaha merubahnya menjadi manajemen modern, AKK pun mulai menggunakan
sistem Call Center untuk delivery order. AKK ingin membuat konsep seperti
restaurant cepat saji seperti K*C, dkk. yang memesan dan membayar terlebih
dahulu, namun tetap ada konsep tradisional dalam penataannya, sehingga terlihat
di dalam ruangan terdapat hiasan seperti lampu tradisional dan penggunaan meja
dan kursi panjang yang berornamen kayu.
Untuk media
pemasaran, AKK masih menggukan media pemasaran dari mulut ke mulut.
B.
Segmentasi Pasar dan Positioning
Produk Ayam Kremes Kraton
Ayam Kremes Kraton memiliki segmen pasar untuk kalangan
menengah ke bawah, dengan sasaran konsumen
AKK adalah untuk para pegawai kantoran dan mahasiswa/ pelajar.
Yang membedakan AKK dengan para pesaingnya yaitu ayam yang
dibuat oleh AKK lebih lunak tetapi ayamnya tetap berserat, dan empat varian
sambal beraneka rasa yang dibuat oleh AKK menjadi pembeda dari tempat makan
lainnya.
C.
Strategi Bauran Pemasaran Ayam
Kremes Kraton
Dari informasi yang dipaparkan oleh Ibu Rovi menurut hasil
analisa saya strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh AKK adalah :
1. Product
Produk dari AKK memiliki kualitas rasa yang baik, AKK
memiliki ayam yang lebih lunak, bumbu yang meresap dan memiliki tekstur
berserat dan AKK memiliki empat varian sambal yang beraneka rasa, yaitu sambal
bawang, sambal terasi, sambal hijau dan sambal penyet. Dan kemasan yang lain
dari biasanya ketika membeli untuk di bawa pulang AKK tidak menggunakan dus/
steropom tapi menggunakan tempat seperti kotak bekal makanan.
2. Price
Dari segi harga, harga yang ditawarkan AKK relatif
terjangkau dibandingkan dengan pesaing lain yang menawarkan produk yang hampir
serupa dan harga yang ditawarkan sangat pas untuk mahasiswa dan karyawan.
3. Place
Pemilihan lokasi AKK menurut saya sudah cukup strategis, AKK
berada di lokasi yang mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi
maupun kendaraan umum
4. People
AKK sedang memfokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya
manusianya, karena menurut Ibu Rovi hal terpenting yang dapat memajukan usaha
terdapat pada sumber daya manusia yang ada, dan pelayanan yang diberikan kepada
pelanggannya.
0 komentar:
Posting Komentar