Konsep Service Perishability dalam Pemasaran Jasa

Perishability is used in marketing to describe the way in which service capacity can’t be stored for sale in the future [1]. (Perishability digunakan dalam pemasaran untuk mendeskripsikan bahwa kapasitas jasa tidak dapat disimpan untuk dijual pada masa depan).
Jasa merupakan komoditas tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan, dikembalikan, atau dijual kembali setelah digunakan. Setelah diberikan kepada pelanggan, jasa ini benar-benar dikonsumsi dan tidak dapat diberikan kepada pelanggan lain. Dengan demikian bila suatu jasa tidak digunakan, maka jasa tersebut akan berlalu begitu saja.

Contoh : Sebuah maskapai penerbangan, seperti Delta Airlines, hanya bisa menjual kursi di pesawat sebelum keberangkatan. Layanan ini hanya tersedia untuk jangka waktu tertentu. Kursi kosong dipesawat tidak dapat dimanfaatkan dan dibebankan setelah keberangkatan pesawat. Setelah pesawat lepas landas untuk penerbangan yang dijadwalkan, kursi kosong tersebut tidak dapat ditawarkan untuk penerbangan selanjutnya, sehingga kursi kosong tersebut sudah tidak bernilai lagi [2].

Perishability dapat mempengaruhi kinerja perusahaan sebagai penyeimbang penawaran dan permintaan. Permintaan dapat dipengaruhi oleh musim, waktu hari, atau siklus bisnis. Sebagai permintaan berfluktuasi, itu sangat sulit untuk menjaga kualitas layanan. Seperti saat musim liburan pengunjung taman hiburan akan sangat penuh dan terasa pekerja yang ada sangat kurang sehingga akan mempengaruhi kualitas layanan yang diberikan, namun disaat musim liburan telah usai maka taman hiburan akan menjadi sepi dan terasa terlalu banyak pekerja.
Namun menurut Stanton, Etzel, dan Walker (1991), ada pengecualian dalam karakteristik perishability dan penyimpanan jasa. Yaitu dalam kasus tertentu jasa bisa disimpan dalam bentuk pemesanan (reservation) [3] . Misalnya : pemesanan tiket kereta api, pemesanan kamar hotel, dan jasa asuransi.

Sumber :
[1] Adrian Palmer, Principles of Service Marketing, (London: McGraw Hill, 2005). p. 37. ISBN 0-07-710794-2
[2]https://www.boundless.com/marketing/textbooks/boundless-marketing-textbook/services-marketing-6/services-versus-products-49/perishability-248-404/
[3] http://killer-killermaniac2.blogspot.com/2011/12/karakteristik-pemasaran-jasa-produk.html

0 komentar:

Posting Komentar