Laporan Outing Class Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan

Pada tanggal 5 Mei 2015 perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan tidak seperti perkuliahan biasanya yang hanya duduk di kelas, tetapi kami mahasiswa Manajemen Pendidikan 2013 B melakukan perkuliahan di luar kelas, yaitu di Ayam Kremes Kraton (AKK) cabang Utan Kayu. Tujuannya adalah agar kami mahasiswa tidak hanya belajar pemasaran berdasarkan teori tetapi juga bisa mengetahui pemasaran dari para pelaku bisnis yang sesungguhnya. 
Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 hingga 14.30 kegiatan outing class ini dimulai dengan kami makan siang bersama di AKK.

 Gambar 1.1 : MP 13 B sedang menikmati santap siang di AKK

Setelah itu manager AKK yaitu Ibu Rovi membagikan cerita kepada kami seputar pemasaran dan manajemen di AKK.

 Gambar 1.2 : Ibu Rovi (Manager Ayam Kremes Kraton)

Gambar 1.3 : Ibu Rovi menceritakan tentang manajemen dan pemasaran di AKK

Gambar 1.4 : Mahasiswa mendengarkan Ibu Rovi dengan antusias


Ayam Kremes Kraton (AKK) merupakan tempat makan yang didirikan oleh Ibu R.R. Welas Sriningsih 12 tahun yang lalu, pemberian nama "Ayam Kremes" ini karena pada saat pendirian masih jarang sekali, sedangkan "Kraton" diambil karena Ibu R.R. Welas Sriningsih masih bagian dari keluarga Kraton Solo sehingga tercetuslah nama "AYAM KREMES KRATON (AKK)". Hingga saat ini tercatat AKK memiliki 5 outlet yang tersebar di Ibukota, yaitu :
1. Sunter
2. Boulevard Kelapa Gading
3. Gading Batavia
4. Tebet
5. Utan Kayu

Pada awalnya AKK masih menggunakan manajemen konvensional, namun dalam 3 bulan terakhir ini AKK berusaha merubahnya menjadi manajemen modern, AKK pun mulai menggunakan sistem Call Center untuk delivery order. AKK ingin membuat konsep seperti restaurant cepat saji seperti K*C, dkk. yang memesan dan membayar terlebih dahulu, namun tetap ada konsep tradisional dalam penataannya, sehingga terlihat di dalam ruangan terdapat hisasan seperti lampu tradisional dan penggunaan meja dan kursi panjang yang berornamen kayu.



 Gambar 1. 5 : Daftar Menu di AKK

Strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh AKK adalah dari segi harga, harga yang ditawarkan AKK relatif terjangkau dan sangat pas untuk mahasiswa dan karyawan. Dari kualitas rasa, AKK memiliki ayam  yang lebih lunak dan memiliki tekstur berserat dan AKK memiliki 4 varian sambal yang beraneka rasa, yaitu sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau dan sambal penyet. Dan AKK berada di lokasi yang mudah dijangkau. Untuk media pemasaran, AKK cenderung hanya mengandalkan pelanggannya, yaitu promosi dari mulut ke mulut.

Setelah sharing, dan ada pula sesi tanya jawab tidak terasa waktu pun telah berlalu begitu cepat, di akhir acara kami pun berfoto bersama Ibu Rovi sebagai kenang-kenangan outing class kami :) 




Gambar 1.6 : Foto MP 13 B bersama Ibu Rovi

 Sekian laporan Outing Class Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dari Silfiana Septianie :)



0 komentar:

Posting Komentar