Pertemuan Ke-2 Manajemen Pemasaran Jasa

Pada tanggal 17 Februari 2015 perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan membahas mengenai konsep dasar pemasaran jasa pendidikan bersama bapak Amril Muhammad, S.E., M.Pd. selaku dosen manajemen pemasaran jasa pendidikan di jurusan Manajemen Pendidikan FIP-UNJ. Materi yang dibahas adalah :

1. Faktor Kesuksesan dalam sebuah bisnis. 
a. Faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis yang pertama adalah customer focus. Sebagai seorang marketer tentunya kita harus dapat melihat sesuatu dari sisi konsumen, apa yang konsumen butuhkan, apa yang konsumen inginkan, semua haruslah berfokus pada konsumen. 
b. Faktor kesuksesan yang kedua adalah komitmen. Ketika kita telah menjalankan suatu bisnis atau pekerjaan apapun kunci utamanya adalah komitmen yang tinggi, ketika kita tidak mampu untuk membangun komitmen maka akan sulit untuk mencapai kesuksesan, karena kesuksesan dibangung oleh orang-orang yang memiliki komitmen tinggi. 
c. Selanjutnya adalah memahami dan memuaskan pelanggan menjadi sebuah target pasar, karena pada saat ini tujuan utama dari sebuah pemasaran adalah bagaimana dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan pelanggan, ketika hal tersebut tidak dijadikan sebagai target pasar maka instansi/perusahaan itu tidak akan mampu bersaing dengan para kompetitor lain.
d. Memotivasi setiap orang dalam organisasi untuk memberi nilai-nilai unggul untuk pelanggan dan menunjukan kemampuan yang tinggi. Hal ini dilakukan agar setiap orang di dalam organisasi dapat memberikan pelayanan yang prima terhadap pelanggan.

2. Yang dimaksud dengan pemasaran adalah A social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating and exchanging products and values with others. 
(sebuah proses sosial dan managerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui produksi dan pertukaran produk/barang dan nilai dengan orang lain). Yang dimaksud dengan Needs (kebutuhan) yaitu sesuatu yang timbul ketika kita merasa kekurangan dan harus segera dipenuhi. Sedangkan yang dimaksud dengan Wants (keinginan) yaitu suatu kebutuhan manusia yang terbentuk dari budaya dan kepribadian individu.

3. Yang dimaksud dengan produk adalah suatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan manusia. Produk dapat berupa benda fisik, jasa, manusia, tempat, organisasi, dan ide.
Produk terbagi menjadi goods (benda) yang bersifat berwujud (tangibles) dapat dimiliki, digunakan, seperti barang fisik dan services (jasa) yang bersifat tidak berwujud (intangibles) yang tidak dapat dilihat namun bisa dirasakan manfaatnya.

Itulah yang telah saya dapatkan dalam manajemen pemasaran jasa pendidikan pada pertemuan ke-2. 

0 komentar:

Posting Komentar