Pertemuan Ke-5 : Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar

Pada tanggal 17 Maret 2015 perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan membahas tentang segmentasi pasar dan targeting pasar yang dipresentasikan oleh kelompok 4 yang beranggotakan Putri Andriyani, Nur Rizki Devi, dan Ajeng Marsela R.

A. Pengertian Segmentasi Pasar 

  • Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong Segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki bauran produk atau pemasaran yang terpisah.
  • Menurut buku Gregorius Chandra Segementasi pasar dapat diartikan sebagai proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen menjadi kelompok-kelompok atau segmen-segmen yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan, keinginan, perilaku dan atau respon terhadap program pemasran spesifik.
  • Menurut buku M. Mursid Segmentasi pasar adalah pembagian daripada pasar secara keseluruhan ke dalam kelompok-kelompok untuk penyesuaian yang lebih tepat dan konkret dan suatu produk sesuai dengan keinginan, kebutuhan serta karekteristik konsumen.

Sehingga yang dimaksud dengan segmentasi pasar adalah membagi/ mengelompokkan pasar yang berbeda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yanng homogen, dimana tiap kelompok (segmen) dapat dipilih sebagai, pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk sesuai dengan keinginan, kebutuhan, karakteristik serta gaya pembeli atau konsumen.

 

B. Syarat-syarat  dan Manfaat Segmentasi Pasar

syarat-syarat segmentasi pasar yang dapat dikatakan efektif adalah
  • dapat diukur
  • dapat dijangkau
  • cukup besar
  • dapat dibedakan
  • dapat dilayani
manfaat segmentasi pasar adalah :
  • produsen ada di posisi lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran.
  • produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pengetahuan yang ada.

 

C. Pola Dasar Segmentasi Pasar 

Tiga Pola dasar untuk mengelompokkan pasar yaitu :
1. Geographic segementation
yaitu pengelompokkan didasarkan atas daerah (wilayah, iklim, ukuran kota, negara, pendapatan) dimana para penjual membedakan secara teliti, kira-kira daerah mana yang bisa memberikan keuntungan yang berbeda-beda.
2. Demographic segmentation
yaitu membedakan berbagai macam kelompok atas dasar keadaan suatu masyarakat yang berubah (demographic variables) seperti misalnya pengelompokan dalam bidang bedasarkan usia, jenis kelamin, siklus hidup keluarga, penghasilan, suku, agama.
3. psychographic segmentation
membedakan berbagai macam kebutuhan pembeli atau timbul sebagai hasil dari kenyataan bahwa kebutuhan pembeli berbeda sepanjang life style (gaya hidup), kelas ekonomi, dan personality life daripada demographic life.

 

D. Prosedur segmentasi pasar  

1. Suvey, kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengetahui keingina-keinginan konsumen terhadap produk pasar.
2. Analisis, setelah melakukan survey selanjutnya perusahaan melakukan analisis apa saja yang menjadi kebutuhan  konsumen.
3. Pembentukan segmentasi, merupakan langkah akhir dalam pembentukan segmentasi pasar, yang mana perusahaan melakukan segmentasi pasar terhadap produk-produknya.

 

E. Targeting Pasar 

Targeting pasar adalah kegiatan memilih segmen-segmen pasar yang unggul dan terpilih guna menentukan sasaran dan target pasar.

Ada beberapa penetapan sasaran pasar :
  1. Mengevaluasi segemen pasar : ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik struktural.
  2. Memilih segmen pasar : mengidentifikasi keunggulan bersaing, memilih keunggulan bersaing yang tepat, mengkomunikasikan dan menyampaikan posisi yang telah dipilih.
  3. Pertimbangan tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.
Langkah-langkah yang harus diperhatikan perusahaan untuk memasuki pasar :
  1. Menetapkan pelengkap (atribut) yang dianggap penting, dan mengidentifikasi segemen pasar yang berbeda.
  2. menentukan luas segmen pasar.
  3. menentukan merek-merek yang ada di pasar.
  4. mencari peluang segmen-segmen pasar yang belum dilayanai dan mencari kesukaan yang sama atau tidak, 
  5. mencari hubungan berbagai segmen pasar geographic, demographic, dan psychographic

Strategi sasaran pemasaran adalah :
  1. Sumber-sumber perusahaan
  2. Kebersamaan produk (homogeni produk)
  3. Tingkat produksi dalam daur hidup
  4. Keserbasamaan pasaran (homogenitas)
  5. Siasat pemasaran bersaing.



0 komentar:

Posting Komentar