Pertemuan Ke-6 : Marketing Mix (Part 1)

Pada tanggal 24 maret 2015 perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan membahas mengenai bauran pemasaran (Marketing Mix) yang dijelaskan oleh Bapak Amril Muhammad, S.E., M.Pd.

Marketing Mix
The tools available to a business to gain the reaction it is seeking from its targets market in reaction to its marketing objectives.

Terdapat komponen dalam marketing mix atau yang sering dikenal dengan 7P yakni :
  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion 
  5. People
  6. Process
  7. Physical Evidence

1. Product

Product is the actual item that a costumer purchases, including the packaging, image, guarantee, and after sales service.
Produk adalah item yang akan konsumen beli, termasuk kemasan, gambar, garansi, dan layanan setelah pembelian. 
Produk terdiri dari :
  • design : model seperti apa dalam produk
  • technology : teknologi yang digunakan dalam membuat suatu produk 
  • usefulness : kebermanfaatan dari produk yang diciptakan
  • convenience : kenyamanan yang didapat jika mengguanakan produk produk
  • value : nilai yang bertambah dari suatu produk 
  • quality : bagaimana kualitas dari produk 
  • branding : image/gamabran dari produk
  • packaging : bagaimana kemasan yang dapat menjadi daya tarik produk
  • accessories : aksesoeis yang terdapat diproduk 
  • warranties : garansi/ jaminan dari suatu produk
Metode yang digunakan untuk memperbaiki/membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan lebih efektif untuk memperoleh keunggulan kompetitif, antara lain sebagai berikut:
1.) Extension strategies
A business wishing to extend to life of a product which has reached maturity or is in decline can after one or more of the marketing mix by changing.
“Bisnis yang ingin memperpanjang hidup suatu produk yang telah mencapai kematangan atau penurunan dapat setelah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah.”

  • Product: Memperbaharui kemasan dan mengenalkan versi baru
  • Price: Menurunkan harga untuk menarik konsumen 
  • Promotion: Memperluas cara promosi dengan iklan baru yang lebih menarik 
  • Place: Merubah tempat dimana produk itu dapat dibeli ke tempat yang mudah dijangkau

2.) Specialized Versions, yaitu Membuat versi baru yang berbeda dengan sebelumnya
3.) New editions, yaitu Edisi baru yang lebih menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen
4.) Improvements-real or otherwise, yaitu memperbaiki untuk menyempurnakan produk atau meningkatkan kualitas produk yang sudah ada
5.) Changed Packaging, yaitu Merubah kemasan produk agar lebih menarik
6.) Technology, yaitu Menggunakan teknologi yang terbaik untuk menciptakan suatu produk


2. Price  

The amount consumer are prepare to pay for a product or services. 
Harga yaitu jumlah tertentu yang harus disiapkan oleh seorang konsumen untuk membayar sebuat produk ataupun jasa.
Dalam bauran pemasaran harga bisa dijadikan sebuah strategi yang digunakan untuk menarik konsumen. Berikut adalah strategi harga yang digunakan :
  1. Skimming : strategi yang digunakan ditengah ketidakpastian harga atau dapat berubah sesuai dengan keadaan,yang akan membuat konsumen tertarik seperti penawaran motor yang akan memberikan cash back jika melakukan pembayaran tunai pada hari itu.
  2. Penetration : strategi yang digunakan dengan memberi harga yang lebih murah dibandingkan dengan pesaing. 
  3. Psychology : strategi yang digunakan dengan membuat perbedaan walau hanya Rp 1 daripada pesaing yang akan mempengaruhi psikologi konsumen.
  4. Cost-Plus : strategi yang digunakan dengan memberikan tambahan seperti Buy 1 Get  2
  5. Loss Leader : strategi menjual sebuah produk dengan harga yang murah awalaupun keuntungan sedikit namun dapat menarik konsumen yang banyak.
Bagaimana harga yang bagus untuk sebuah produk? 
Menentukan harga yang tepat merupakan bagian yang sangat penting bagi marketing mix.
Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada:
  • Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk
  • Berapa banyak pesaing
  • Meskipun anda sedang mencoba/menguji produk baru
  • Image apa yang akan dibangun untuk produk anda.

Pengambilan keputusan 
  • Apabila ingin menyerang pasar maka strateginya adalah harga yang murah. Tetapi dengan pertimbangan barang yang dikeluarkan harus banyak 
  • Harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda 
  • Harga tinggi bisa ditawarkan jika produk lebih baik dibandingkan dengan pesaing.

Teknik pemberian harga
  • Time based : Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksi 
  • Cost plus: berapa laba yang diharapkan 
  • Start up penetration pricing : Jika barang baru, bagaimana bisa melakukan penetrasi
  • Of the top or price skimming : barang yang asiknya cuma sementara, 2-3 hari. 
  • Destroyer : menghancurkan harga pasaran dengan memberi harga dengan sangat murah
  • Market-oriented : perhatikan siapa yang menjadi target pasar membeli produk dengan harga yang sama dengan kompetitor.

 


0 komentar:

Posting Komentar