Pertemuan Ke-4 Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan

Pada tanggal 10 Maret 2015, perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan membahas mengenai Analisis Lingkungan Pemasaran. 

Lingkungan pemasaran terbagi menjadi lingkungan mikro (microenvironment) dan lingkungan makro (macroenvironment). 

A. Micro Environment

Microenvironment is the force close to the company that affect its ability to serve its target consumer. Jadi lingkungan pemasaran mikro merupakan kekuatan yang sangat dekat dengan perusahaan/ di dalam internal perusahaan itu yang dapat mempengaruhi perusahaan untuk melayani sasaran konsumennya.
yang termasuk lingkungan mikro yaitu :

1. Company itself (Kemampuan perusahaan tersebut)
Perusahaan menyesuaikan sasaran pasar dengan kemampuan yang dimiliki oleh persusahaan tersbut dengan menjadikan SDM yang dimiliki dan biaya yang tersedia sebagai objek yang dianalisis, kemampuan perusahaan ini sangat didukung oleh top manager sebagai penentu kebijakan perusahaan, finance sebagai pengelolaan dana dengan tepat dan benar, Riset dan Development yang dapat mencari tau, menganalisis, menemukan produk atau jasa apa yang menjadi kebutuhan di masyarakat yang lalu akan dikembangkan untuk diproduksi oleh perusahaan tersebut. Lalu bagian Purchasing yang bertugas membeli kebutuhan perusahaan dan karyawan dalam melakukan kegiatan produksi. Selanjutnya adalah Manufacturing yang mengelola barang dan aset perusahaan. Terakhir adalah Accounting yang menghitung arus keuangan dan sumber daya perusahaan.

2. Supplier (pemasok)
Pemasok adalah orang/lembaga yang menyediakan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya materi ataupun lainnya yang mendukung proses produksi barang dan jasa. pemasok dipilih berdasarkan harga barang yang ditawarkan pemasok, jumlah barang yang dibutuhkan, ketersediaan barang, dan lokasi dari pemasok.

3. Market Channel Firm (perusahaan pengiklanan)
perusahaan-perusahaan atau pihak-pihak yang membantu dalam promosi, penjualan, penyimpanan, pendistribusian hasil produksi kepada konsumen akhir. Contohnya dalam promosi perantara pemasaran adalah perusahaan periklanan, dalam penjualan perantaranya adalah agen-agen penjualan, dan dalam pendistribusian perantaranya melalui perusahaan jasa pengiriman barang.

4. Customers (pelanggan)
Pelanggan adalah orang-orang yang mengkonsumsi dan menikmati hasil produksi barang dan jasa. pelanggan adalah kunci utama keberhasilan perusahaan, tanpa adanya pelanggan perusahaan tidak akan dapat meraih kesuksesan.

5. Public (kebijakan pemerintah)
kebijakan yang dikeluarkan pemerintah akan sangat mempengaruhi kebijakan yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. 

B. Macro Environment

Selain lingkungan mikro terdapat pula lingkungan makro. Lingkungan makro adalah lingkungan yang juga besar pengaruhnya terhadap pemasaran perusahaan namun tidak langsung mempengaruhi. Lingkungan makro adalah lingkungan sosial yang lebih luas bahkan sampai tingkat nasional atau internasional. Yang termasuk dalam lingkungan makro adalah : 

1. Demographic Environment 
keadaan jumlah penduduk dan persebarannya pada suatu daerah tertentu, hal tersebut akan menentukan banyak/ sedikitnya barang/ jasa yang akan terjual.

2. Technological Environment
teknologi adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. teknologi akan sangat berpengaruh terhadap pemasaran perusahaan, sehingga perusahaan harus mengikuti tekonologi yang terus berkembang sesuai dengan zaman.

3. Economic Environment, 
lingkungan ekonomi di sini mencangkup daya beli masyarakat dan pola pengeluaran uang yang dimiliki masyarakat sehingga perusahaan perlu menganalisis lingkungan ekonomi suatu masyarakat karena akan mepengaruhi penjual produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

4. Natural Environment
lingkungan alam di sini mencangkup jauh/ dekatnya dalam menjangkau sumber daya bahan baku yang dipergunakan oleh perusahaan, kenaikan biaya sumber daya, peningkatan pencemaran, intervensi kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sumber daya, sehingga perusahaan harus meperhatikan dan menganalisis hal-hal tersebut. 

5. Political Environment
lingkungan politik mencangkup aturan-aturan bisnis yang ada dan dapat mempengaruhi pola pemasaran suatu perusahaan. contohnya adanya organisasi buruh sebagai wadah untuk aspirasi mereka, namun kekuatan organisasi buruh yang terlalu kuat akan dapat menyulitkan perusahaan dalam mengambil keputusan, karena perlu banyak berkompromi dengan mereka. 6.Cultural Environment
lingkungan budaya akan sangat mempengaruhi selera dari konsumen terhadap barang/ jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, oleh sebab itu perusahaan perlu melakukan analisis terhadap lingkungan budaya pada suatu masyarakat agar barang/ jasa yang ditawarkan dapat sesuai dengan selera konsumen berdasarkan pada budaya masyarakat setempat.

itulah materi yang saya dapatkan mengenai analisis lingkungan pemasaran.

0 komentar:

Posting Komentar