Analisis Hasil Outing Class di Ayam Kremes Kraton

Pada tanggal 5 Mei 2015 perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan tidak seperti perkuliahan biasanya yang hanya duduk di kelas, tetapi kami mahasiswa Manajemen Pendidikan 2013 B melakukan perkuliahan di luar kelas, yaitu di Ayam Kremes Kraton (AKK) cabang Utan Kayu. Tujuannya adalah agar kami mahasiswa tidak hanya belajar pemasaran berdasarkan teori tetapi juga bisa mengetahui pemasaran dari para pelaku bisnis yang sesungguhnya.  Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 hingga 14.30 kegiatan outing class ini dimulai dengan kami makan siang bersama di AKK. Setelah itu Ibu Rovi yang merupakan manajer yang memegang lima cabang AKK, membagikan cerita kepada kami seputar pemasaran dan manajemen di AKK.

A.    Sekilas Tentang Ayam Kremes Kraton
Ayam Kremes Kraton (AKK) merupakan tempat makan yang didirikan oleh Ibu R.R. Welas Sriningsih 12 tahun yang lalu, pemberian nama Ayam Kremes Kraton ini didasarkan pada : "Ayam Kremes" karena pada saat pendirian masih jarang sekali resto/ tempat makan ayam kremes, sedangkan "Kraton" diambil karena Ibu R.R. Welas Sriningsih masih bagian dari keluarga Kraton Solo sehingga tercetuslah nama "AYAM KREMES KRATON (AKK)".
Hingga saat ini tercatat AKK memiliki 5 outlet yang tersebar di Ibukota, yaitu :
1)     Sunter
2)     Boulevard Kelapa Gading
3)     Gading Batavia
4)     Tebet
5)     Utan Kayu

Pada awalnya AKK masih menggunakan manajemen konvensional, namun dalam 3 bulan terakhir ini AKK berusaha merubahnya menjadi manajemen modern, AKK pun mulai menggunakan sistem Call Center untuk delivery order. AKK ingin membuat konsep seperti restaurant cepat saji seperti K*C, dkk. yang memesan dan membayar terlebih dahulu, namun tetap ada konsep tradisional dalam penataannya, sehingga terlihat di dalam ruangan terdapat hiasan seperti lampu tradisional dan penggunaan meja dan kursi panjang yang berornamen kayu.
Untuk media pemasaran, AKK masih menggukan media pemasaran dari mulut ke mulut.

B.    Segmentasi Pasar dan Positioning Produk Ayam Kremes Kraton
Ayam Kremes Kraton memiliki segmen pasar untuk kalangan menengah ke bawah, dengan sasaran konsumen AKK adalah untuk para pegawai kantoran dan mahasiswa/ pelajar.
Yang membedakan AKK dengan para pesaingnya yaitu ayam yang dibuat oleh AKK lebih lunak tetapi ayamnya tetap berserat, dan empat varian sambal beraneka rasa yang dibuat oleh AKK menjadi pembeda dari tempat makan lainnya.

C.    Strategi Bauran Pemasaran Ayam Kremes Kraton
Dari informasi yang dipaparkan oleh Ibu Rovi menurut hasil analisa saya strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh AKK adalah :
1.     Product
Produk dari AKK memiliki kualitas rasa yang baik, AKK memiliki ayam  yang lebih lunak, bumbu yang meresap dan memiliki tekstur berserat dan AKK memiliki empat varian sambal yang beraneka rasa, yaitu sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau dan sambal penyet. Dan kemasan yang lain dari biasanya ketika membeli untuk di bawa pulang AKK tidak menggunakan dus/ steropom tapi menggunakan tempat seperti kotak bekal makanan.
2.     Price
Dari segi harga, harga yang ditawarkan AKK relatif terjangkau dibandingkan dengan pesaing lain yang menawarkan produk yang hampir serupa dan harga yang ditawarkan sangat pas untuk mahasiswa dan karyawan.
3.     Place
Pemilihan lokasi AKK menurut saya sudah cukup strategis, AKK berada di lokasi yang mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum
4.     People
AKK sedang memfokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusianya, karena menurut Ibu Rovi hal terpenting yang dapat memajukan usaha terdapat pada sumber daya manusia yang ada, dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya.

0 komentar:

Posting Komentar